21.7.14

Benarkah Rille Adalah Bukti Bulan Pernah Terbelah?



     Foto di atas diambil oleh Apollo 10 dalam misi ke bulan di tahun 1969. Foto tersebut menunjukkan rima Ariadaeus, salah satu rima/rille di permukaan bulan. Di tahun 2004, Dr. Zaghloul El Najjar menggunakan foto tersebut untuk menyebar kabar bahwa NASA telah membuktikan bulan pernah terbelah. Benarkah demikian?

     Rima Ariadaeus adalah salah satu rima/rille di bulan, diambil dari kawah Ariadaeus yang menadai ujung rimur dimana rille lurus memanjang ini berujung. Dengan panjang lebih dari 300 kilometer, menjadikannya salah satu rille terpanjang di bulan. Foto di atas hanya menggambarkan 120 kilometer dari keseluruhan panjang rille. Namun dengan panjang lebih dari 300 kilometer pun, itu masih amat jauh dibanding keliling bulan itu sendiri, yang mencapai hampir 11000 kilometer. Demikian pula dengan kedalamannya yang 'hanya' berkisar 2-3 kilometer, jelas tak sebanding dengan jari-jari bulan yang mencapai lebih dari 1700 kilometer

     Rille sendiri tersebar di permukaan bulan, tidak terkonsentrasi di garis tengah bulan, apalagi lurus memanjang mengitari permukaan bulan. Secara umum ada 3 jenis rille, yakni
1. Sinuous, yang meliuk seperti aliran sungai.
2. Arcuate, yang melengkung halus
3. Straight, yang cenderung lurus memanjang.
Dan rille tak bisa dijadikan bukti bahwa bulan pernah terbelah.

     Dalam tulisannya, Dr. Zaghloul El Najjar bercerita bahwa saat ia memberi kuliah di Universitas Cardiff, Wales, seorang mualaf bernama David Musa Pidcock bercerita bahwa di tahun 1978, ia pernah menonton acara di BBC yang dipandu James Burke. Acara tersebut bertema luar angkasa, di mana dalam acara itu ilmuwan NASA menyatakan bahwa setelah misi Apollo mereka menemukan bahwa bulan pernah terbelah dan menyatu kembali.

     Acara yang dipandu James Burke di BBC di tahun 1978 adalah Connections, dimana 10 episode yang ada tidak satupun yang berisi wawancara dengan ilmuwan NASA seputar pendaratan di bulan. Acara terkait pendaratan di bulan yang ada dalam waktu berdekatan adalah The Men who Walked on the Moon, yang ditayangkan di tahun 1979 sebagai peringatan 10 tahun pendaratan Apollo 11. Dalam acara itu pun tak ada pernyataan dari ilmuwan NASA bahwa bulan pernah terbelah. Jika kisah yang diceritakan Dr. Zaghloul El Najjar benar terjadi pun, yang ia ceritakan hanya kisah dari pihak ketiga yang ia dengar. Tak ada jaminan David Musa Pidcock tak berbohong atau mengarang cerita tersebut.

Pranala
APOD NASA
Wiki: Connections
Youtube - The Men Who Walked on the Moon

24 comments:

  1. Anonymous1/11/14

    Keliling bumi adalah 12.000 km. di blog ini keliling bulan ditulis 11.000 km. Wah bulan jadi raksasa sekarang... Sebentar lagi sebesar bumi. Iklim dan musim jadi kacau bila benar bulan seraksasa ini. Katanya blog anti hoax ?!. Anda sendiri yang Hoax !!!. Pandangan anda mewakili kelompok sinisme. Komentar saya ini atau yang seperti ini nanti khan nggak bakalan diunggahkan... Cobalah berkaca dalam-dalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang 12 ribu kilometer itu diameter aka garis tengah bumi.
      Keliling bumi itu sekitar 40 ribu kilometer.
      Diameter bulan sekitar 3480 km dengan keliling hampir 11 ribu kilometer.

      Justru kalau bilang keliling bumi 12 ribu, itu akan jadi hoax :)

      Masih ada tanggapan?

      Delete
  2. Anonymous1/11/14

    Keliling bumi 12.000 km. di blog ini keliling bulan ditulis 11.000 km. jika bulan jadi seraksasa ini: iklim dan cuaca kacau. katanya blog anti hoax ?!. bukankah anda sendiri yang hoax ???. siapa yang mau percaya blog ini ???.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah belajar beda antara diameter/garis tengah dan keliling? :)

      Delete
    2. @Anonymous: Saya Percaya
      Keep Posting MasPi-Man :)

      Delete
  3. Makanya bro,baca donk sejarah bgmn kejadian saat bulan terbelah.
    Saat itu,beliau SAW ditantang oleh org2 kafir buat nunjukin kenabian BELIAU SAW. Lalu BIIDZNILLAAH WA FADHLILLAAH WALHAMDULILLAAHI RABBIL'AALAMIIN Beliau SAW pun menunjukkan bahwa bulan terbelah.
    Kejadian terbelahnya bulan ini terlihat saat itu di seluruh dunia, termasuk india. Sampai raja india pun masuk ISLAM saat itu.
    Sanggahanmu sama aja kyk yg di artikel lain y. Kamu sama sekalu g nunjukkin bhw KEBENARAN ISLAM ITU HOAX. Cuma pakai pendapat doank yg kamu paksain kebenarannya.
    Hanya krn saat wwcr g ada anggota nasa trs kamu tuduh hoax? halo????? aku balik aja logikanya, klo adanya rille ini hoax hrsny nasa sgr buat klarifikasi donk. Tp mana? Malah beliau doktor annajar sampai 10 episode tanpa sanggahan dari nasa lho

    ReplyDelete
  4. Artikel di atas menyangkal klaim El Naggar kl Nasa mengakui bulan terbelah, atau rille itu bukti bulan terbelah!

    Dan raja India? Kisah tentang si raja saja baru muncul beberapa abad lalu, saat pasukan muslim menaklukkan sebagian India.

    Dan tidak ada acara wawancara.

    Ngapain Nasa repot2 nanggapi el Naggar? Jika semua yg asbun ditanggapi, mana cukup waktu?

    ReplyDelete
  5. Lho gmn sih? hrsny nasa klo benar2berita dari doktor annajjar ini hoax y hrsny mrk sgr klsrofikasi donk. Knp? Klo ini bener hoax, ya nasa harusnya segera meluruskan biar masyarakat g tersesat

    Lantas klo tdk ada wwcr langsung itu jaminan bhw berita ini tdk benar? Kisah ini ada saat penaklukan india, itu kan berarti memang kejadian tsb benar adanya. Buktiny kisah tsb sampai ada di kalangan rakyat india

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika orang niat mencari tahu, mereka bisa langsung ke situs Nasa dan belajar tentang rille, dan tahu kl tak ada rille yg melintang mengelilingi bulan.

      Kisahnya mestinya dari abad ke 6 atau tujuh. Sedang penaklukan hampir semilenium sesudahnya. Dan gak ada raja India yg sesuai deskripsi kisah itu

      Delete
    2. Saking g adanya sampai2 ada fotonya gt?
      Kisah ini memang sudah ada sejak peristiwa terbelahnya bulan tsb. Namun baru tersiar ke dunia luar saat kami mensklukkan india BIIDZNILLAAH.
      Gn deh analogi,perang Jihad surabaya tjd thn 1945 tp klo misal hal ini tersiar ke dunia 50 thn setelahnya(ini misal) apa berarti perang surabaya tjd thn 95 atau persng surabaya tdk tjd sama sekali. Nah demikian juga lah peristiwa raja India yg akhirnya masuk ISLAM stlh tw di Jazirah arab ada org suci dan pilihan yg membelah bulan tsb.
      Kamu bilang tdk ada raja dgn ciri2 demikian? Gmn sih kamu ni? Katanya td kisah ini beneran ada koq ganti lg komenny dgn nyebut g ada raja dgn ciri2 kyk gy

      Delete
    3. Ada foto rille yg sepanjang keliling bulan?

      Lucu, kisah raja India gak ada di India sendiri.

      Delete
    4. Sbnrny di wwcr dgn prof annajar udh dibahas ttg rille yg jd BUKTI bhw BULAN MEMANG PERNAH TERBELAH dan tdk di counter oleh nasa

      Kamu makin senjata makan tuan y. Kan udh aq jelasin kisahny spt apa? Dan kmu sndr yg pertama nyebut bhw kisah itu memang ada di india. Lah skg kmu nyebut kisah itu g ada. Gmn sih?

      Delete
    5. Gak perlu jadi astronom hebat untuk tahu rille gak melintang mengelilingi bulan. Jadi ngapain sampai nasa repot konfirmasi?

      Sudah dibilang, kisahnya dibuat saat muslim sdh betkuasa. Jadi kemungkinan itu karangan semata, karena gak bisa dicocokkan dgn sejarah India.

      Delete
    6. Dibuat atau diceritakan kembali?
      ngapain nasa repot konfirmasi? Krn memang benar apa yg disampaikam prof annajar. Jd utk apa konfirmasi. Betul g?

      Delete
    7. Dibuat, sebab sebelumnya tak ada cerita.

      Dan belajar dulu soal rille sebelum melawak :)

      Delete
    8. Klo aq melawak harusnya ya spt yg aq tulis berulang2, yakni pakarny yakni nasa akan langsung sgr mengcounter dan menjelaskan klo(seandainya itu salah),betul? Aq hrs jelasin brp kali sih?

      Sblmny tak ada cerita atau sbnrny ada tp g diceritain scr turun temurun?

      Analoginy borobudur saat direstorasi rejim kolonial,sblmny borobudur ada namun lama g diketahui oleh rakyat indonesia. Kan sblmny borobudur ada namun tak bnyk diketahui sblm akhirny qadarallah kolonialis menemukannya kembali. Nah spt itulah kira2 kisah masuk ISLAMny raja india yg melihat bulan terbelah

      Delete
    9. Anonymous16/2/16

      Rille, ke India, ke 1945, ke candi borobudur.
      Jalan-jalannya pake mesin doraemon ya?

      Delete
    10. Anonymous4/1/17

      Anonymous dan anti iluminati, bikin malu islam aja,, kalian berdua Kolot,, Argumen kalian lemah dan tak berisi,,

      Delete
  6. Bulan terbelah itu jelas Hoax.
    Dr Thomas Djamaludddin dari LIPI mengatakan bulan ENGGAK PERNAH terbelah.

    https://tdjamaluddin2.wordpress.com/2007/06/27/mukjizat-tak-harus-dijelaskan/
    Saya mempercayai adaya mukjizat Rasulullah yang menunjukkan bahwa bulan terbelah yang dikaitkan dengan asbabun nuzul QS 54:1-2. Tetapi itu tidak harus berarti secara fisik bulan terbelah. Bisa jadi, itu hanya fenomena di atmosfer bumi yang menyebabkan bulan tampak terbelah. Mukjizat memang tidak harus difahami dengan ilmu pengetahuan atau harus dicocokkan dengan logika ilmu pengetahuan. Mukjizat hanya cara menunjukkan kekuasaan Allah yang diberikan kepada Rasul-Nya. Kita harus menyakini adanya, tetapi tidak harus menalar bagaimana hal itu bisa terjadi.

    ReplyDelete
  7. Untuk ulasan bulan terbelah, simak, teliti, dan resapi tulisan saya dengan judul "Bulan Terbelah: Mukjizat Nabi Muhammad SAW dan Fenomena Tulisan Prof. Dr. Zaghloul El-Naggar"

    Tulisan itu dapat diakses di http://islam-dan-sains.blogspot.com/2012/09/bulan-terbelah-mukjizat-nabi-muhammad.html"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zustru Zaghloul El Naggar itu berbohong, foto rille yang cuma beberapa ratus km malah dibilang bukti terbelah. Dia adalah penyebar hoax 'NASA mengakui bulan terbelah'. Dan David Musa Pidcock sudah menjadi mualaf sebelum 1978.

      Delete
  8. Anonymous28/5/20

    Bulan terbelah itu khayalan orang2 gila saja. Katanya juga kiamat sudah dekat, sudah ribuan tahun tidak kejadian. Hanya orang gila.

    ReplyDelete
  9. Kafir quraisy aja tetap ga beriman walaupun nabi telah membuktikan bulah terbelah, jadi kalo kalian ga percaya yahh silahkan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya itu hak pribadi.
      Dan di sini bahas soal "Rille bukan bukti bulan pernah terbelah" dan "NASA tak pernah mengakui bulan pernah terbelah".

      Delete