11.7.14

Wisatawan Lintas Waktu di Tahun 1940?


wisatawan lintas waktu

     Perhatikan gambar di atas. Di foto yang dikatakan diambil di tahun 1940 ini ada satu sosok pria yang menarik perhatian, karena penampilannya yang cenderung berbeda. Dari pakaian yang dikenakan, kaca mata hitamnya, sampai kamera yang dia pegang. Benarkah dia seorang wisatawan lintas waktu?



     Mula-mula kita harus tahu, apakah foto ini asli atau sekedar hasil editan? Jawabannya, foto ini asli. Foto asli bisa ditemukan di Bralorne Pioneer Museum, British Columbia, Kanada.

     Berikutnya, kita simak pakaian yang ia kenakan. Sejatinya, tak ada yang benar-benar istimewa dari pakaiannya. Hanya sekedar baju kaus dan sweater. Baju kaus yang ia kenakan kemungkinan berlogo Montreal Maroons, tim hoki NHL yang bubar 2 tahun sebelumnya.

      Kemudian soal kamera. Sejatinya ini juga tidak mesti merupakan kamera modern, karena di sekitar tahun 1940 pun Kodak sudah memproduksi kamera dengan model semacam itu. Kalian bisa simak berbagai model kamera di pranala di bawah.

     Terakhir soal kaca mata. Ini juga bukan hal aneh, karena kaca mata hitam sejatinya sudah dikenal di masa itu. Sudah dikenal sejak ratusan tahun sebelumnya, kaca mata hitam modern diproduksi dan dijual secara luas oleh Sam Foster (pendiri Foster Grant) di tahun 1929. Filter polaroid diperkenalkan di tahun 1936.

     Aktris Barbara Stanwyck ditunjukkan memakai kaca mata hitam di film Double Indemnity (1940). Kaca mata yang ia kenakan memberi efek bayangan pada sisi samping wajahnya, efek yang sama dengan yang terdapat pada si pria di foto.

     Jadi sejatinya tidak ada yang benar-benar istimewa, sampai kita harus mengatakan si pria dalam foto adalah wisatawan lintas waktu.

Pranala
Wafflesatnoon
Historic Camera

1 comment:

  1. Tulisan-tulisan di blog ini sangat mengesankan.. :-) lanjutkan! Saya senang ada blog seperti ini.

    ReplyDelete