14.2.14

Anak Perempuan Kongo di Kebun Binatang?




     Beberapa waktu lalu, foto ini sempat beredar di facebook. Dimana dalam penjelasannya, dikatakan ini foto anak perempuan Kongo yang dipamerkan di kebun binatang di Belgia, dan orang-orang kulit putih bertindak rasis dengan memberi ia pisang seakan dia monyet. Benarkah?

     Pertama, ini benar anak perempuan Kongo. Dan kedua, benar bahwa foto ini diambil di Belgia, di tahun 1958. Tapi dari mana? Dari kebun binatang? Tidak, tidak ada anak perempuan kulit hitam yang dikurung dan dipamerkan di kebun binatang di sana. Untuk tahu latar dari foto di atas, kita harus mengetahui event di masa tersebut.

     Di tahun 1958 (tepatnya 17 April sampai 19 Oktober), di Belgia diadakan event eksibisi terbesar pasca perang dunia kedua, yakni Brussels World Fair atau sering disebut Expo58. Ekhibisi ini bertempat di Heysel Park, dan  menampilkan berbagai kebudayaan dunia dan dihadiri oleh wakil dari 44 negara. Salah satu yang dipamerkan di sana adalah desa Kongo, dan anak perempuan di foto di atas adalah salah satu orang Kongo yang menjadi bagian dari eksibisi.

     Benar bahwa rasisme dan perbudakan adalah musuh bagi kemanusiaan, tapi artikel yang dimanipulasi untuk menyebar kebencian pada pihak tertentu juga merupakan musuh kemanusiaan. hendaknya kita berhati-hati akan hal-hal seperti itu.

Pranala
Geschiedenis

No comments:

Post a Comment