11.1.14

Nebula Mata Kucing, Bukti Langit Terbelah?


Nebula Mata Kucing

     Ini adalah salah satu artikel yang sempat populer beberapa tahun silam, dan sesekali masih diangkat oleh beberapa oknum. Dimana mereka akan merujuk gambar Nebula Mata Kucing atau Cat's Eye Nebula dan mengait-ngaitkan denagn ayat tentang langit terbelah dan menjadi seperti mawar merah bagai kilapan minyal (Ar Rahman (55 : 37). Sebagian bahkan memilih memakai sebutan Red Rose Nebula demi menyesuaikan dengan tafsiran tersebut. Benarkah kenyataannya demikian?

     Pertama, nebula bukanlah langit. Juga bukan langit yang terbelah. Nebula adalah kabut debu dan gas, yang dihasilkan akibat ledakan bintang. Sama halnya dengan Nebula mata kucing (NGC 6543), yang merupakan nebula di konstelasi Draco - sekitar 3000 tahun cahaya dari bumi, yang pertama kali ditemukan oleh William Herschell pada 15 Februari 1786.

     Kedua, warna merah pada gambar di atas bukanlah warna asli nebula, melainkan warna hasil enhanced. Dalam hal ini, warna yang ada di atas adalah untuk menunjukkan cahaya dari atom hidrogen, biru untuk cahaya dari oksigen, dan hijau untuk cahaya dari ion nitrogen. Ini adalah versi lain dari image di atas:



     Dan ini adalah image lain, masih dari nebula yang sama.


     Masih beranggapan ini nebula mawar merah?


Referensi:
HubbleSite
NASA

4 comments:

  1. Mau kamu bilang apa kek kan yg ptg udh terbukti bentukny spt merah mawar. Perkara ada peran hidrogen atau yg lain kan itu jadi sebab nya saja yg akibatnya ialah munculnya warna merah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuk berubah bergantung waktu dan posisi. Dan warnanya gak merah. Dan dibilang itu warna versi manipulasi, umum dalam astronomi untuk mengetahui kandungan unsur.

      Coba belajar memahami dulu sebelum ngoceh ngasal.

      Delete
  2. Anonymous7/1/17

    Gan, tak perlu berbicara masalah ilmiahnya. Dari segi bahasa saja, al Qur'an diturunkan 1400 tahun lalu, apa iya akan menyebutkan Nebula? atau luar angkasa? Bengong semua ilmuwan. Kemudian 'terbelah', terbelah dan meledak itu berbeda, tapi tahukah Anda arti dari majas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan dari dulu sampai sekarang, sekian milyar usia alam semesta, ada berapa banyak bintang yang meledak? Ada berpa banyak nebula yang dihasilkan? Dan mau bilang yang mana yang bisa dikaitkan ke langit terbelah? Sementara ayat ini AFAIK menyangkut jelang kiamat?

      Apalagi seperti dibahas di atas, Cat's Eye Nebula ini gak benar-benar berwarna merah, warna merahnya cuma foto yang dimanipulasi untuk mengetahui kandungan nebulanya (warna merah menunjukkan mayoritas terdiri dari atom hidrogen). Jadi bahkan gak bisa disebut nebula maar merah seperti yang ada di banak artikel hoax. Apa masih perlu dikait-kaitkan dengan ayat?

      Delete