12.1.14

Benarkah Ada Manusia Bawah Tanah Mole People?




         Artikel ini berawal dari artikel yang dirilis Weekly World News di tahun 2008, yang entah bagaimana berkembang dan dikait-kaitkan dengan kaum Yakjuj dan Makjuj serta NASA. Dikatakan bahwa para ilmuwan militer menemukan bahwa kaum 'mole people' yang hidup 20 mil di bawah tanah telah menggunakan terowongan rahasia untuk memasuki Amerika Serikat. Dalam versi setelahnya, dikatakan bahwa ilmuwan NASAlah yang telah menemukan hal tersebut. Benarkah?

           Memang benar ada kaum yang disebut 'mole people' yang hidup di Amerika Serikat, bahkan di berbagai kota besar dunia lain. Namun mereka tak tinggal di kedalaman 20 mil di bawah tanah. Yang benar mereka tinggal di tempat-tempat seperti terowongan kereta atau jalan dan saluran air bawah tanah. Wujud mereka juga amat sangat persis manusia, kenapa? Karena mereka memang manusia. Tepatnya mole people adalah istilah untuk para gelandangan dan tuna wisma yang tinggal di tempat-tempat semacam itu.

          Yang sering tak disadari orang adalah bahwa pihak yang pertama kali merilis kabar itu adalah Weekly World news, yang mana merupakan situs spesialis berita hoax, setara dengan The Onion. Semua artikel berita yang mereka posting merupakan hasil rekayasa semata, dan tentunya termasuk kabar mole people ini.

         Dan sungguh menyedihkan, saat ada orang-orang yang tak cuma termakan kabar bohong macam ini, dan malah menambahkan segala macam tafsiran agama setelah mengembangkan ceritanya lebih jauh lagi. Jika tidak ada manusia bawah tanah dari kedalaman 20 mil, mana ada pula kaitan dengan kaum Yakjuj dan Makjuj, atau kaum lain?

Sumber:
Weekly World News
The Straight Dope

2 comments:

  1. Anonymous31/1/15

    mantap bahasannya gan,,, meskipun singkat tapi mengena,,, ane baru ngerti sekarang setelah baca artikel agan,, maksi gan

    ReplyDelete
  2. Makasi gan. Ga jadi termakan isu yg menyebar

    ReplyDelete