9.1.14

Mengungkap Misteri Bukit Magnetis Madinah




     Di dekat Madinah, terdapat bukit yang dikenal sebagai bukit bermagnet. Konon di bukit ini terdapat gaya tarik yang menyebabkan kendaraan yang berada pada posisi gigi netral bisa mendaki, bahkan dengan kecepatan mencapai puluhan kilometer atau lebih. Hal tersebut disebabkan oleh medan magnet di bukit tersebut. Benarkah?

     Fenomena tersebut sejatinya tidaklah aneh atau ajaib. Itu hanya fenomena ilusi optik, dimana karena kondisi sekitar jalanan yang ada terkesan seakan sedang menanjak, namun jika kita selidiki dengan seksama, sejatinya jalan tersebut justru berupa turunan. Demikian pula sebaliknya. Jadi sama sekali bukan pengaruh medan magnet, yang mana akan mempengaruhi alat elektronik - namun nyatanya tidak demikian.

     Di berbagai belahan dunia, terdapat beberapa lokasi seperti ini, yang disebut sebagai gravity hills. Diantaranya di Australia, Brasil, China, Kanada (salah satu negara dengan gravity hill terbanyak), Perancis, Jerman, India, bahkan Indonesia sendiri (di Limpakuwus, Banyuwangi) dan banyak lagi.

Sumber:
ScienceDaily
Sarfraz Khan

No comments:

Post a Comment