12.7.15

Benarkah Keris Bukti Teknologi Canggih Indonesia Zaman Dulu?




     Keris adalah salah satu senjata tradisional khas Indonesia. Keris dibuat dengan logan titanium dari batu meteor, yang mana titik leburnya mencapai 60 ribu derajat celcius - jauh dibanding titik lebur besi atau nikel yang berkisar 10 ribu derajat celcius. Benarkah?

      Pertama, informasi titik lebur titanium maupun besi dan nikel di artikel di atas adalah ngawur total. Titik lebur titanium adalah 1683 derajat celcius, sekitar 150 derajat di atas besi. Sedang titik lebur nikel ada di bawah besi, yakni 1455 derajat celcius.

     Lalu, alasan pemilihan batu meteor sebagai bahan keris adalah untuk menghasilkan pamor yang khas. Dalam pembuatan keris pun suhu tungku yang digunakan tidak cukup tinggi, sehingga keris dibentuk dengan cara ditempa. Jika hanya ingin memakai titanium, maka pada dasarnya penempa keris cukup memakai pasir besi di jawa, yang sudah mengandung titanium.

Pranala

3 comments:

  1. jadi informasi kersi adalah bukti teknologi canggih itu cuma melebih lebihkan saja ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari sisi seni atau teknik pembuatan mungkin keris itu agak spesial. Tapi dari sisi teknologi memang pemberitaannya berlebihan, tidak ada yang spesial dari sisi teknologi.

      Delete
  2. Berita ngawur... 60ribu??! Ngapusin!!!

    ReplyDelete