28.1.15

Benarkah "Jembatan Rama" Dibuat Manusia?


     Di antara India dan Sri Lanka, tepatnya antara pulau Pamban (Rameswaram) di tenggara India dan pulau Manar di barat laut Sri Lanka, terdapat jembatan sepanjang 30-35 kilometer. Konon jembatan ini berusia 1,7 juta tahun dan merupakan buatan manusia, lebih spesifik lagi dibuat oleh pasukan Vanara (manusia hutan, atau manusia monyet) seperti dalam epik Ramayana. Benarkah?

         Pertama, tidak ada jembatan! Apa yang disebut Adam's Bridge (jembatan Adam) atau Rama setu (jembatan Rama) atau Setubandhanam, tak lain adalah rangkaian jalur darat dari batu kapur (juga pasir dan koral) yang pernah menghubungkan antara India dan Srilanka. Dan jelas-jelas bukan buatan manusia. Kedalamannya bervariasi antara 1-10 meter, sehingga bisa terlihat dari permukaan atau udara. menurut catatan sejarah, 'jembatan' ini masih berada di atas permukaan hingga badai siklon di tahun 1480.

     Usia formasi ini menghasilkan tafsiran yang beragam, bergantung metode pengukuran dan apa yang diteliti.Proyek Rameswaram dari GSI (Geological Survey of India) menyimpulkan perubahan pada formasi mulai terjadi sekitar 125 ribu tahun silam. Penelitian bahwa usia 'jembatan' adalah 3500 tahun muncul dari tim CRS (Centre for Remote Sensing) dari Universitas Bharathidasan, yang didapat dari pengukuran carbon dating pada coral.

     Foto jembatan Rama dari NASA (2002) yang populer di internet (seperti yang ada di atas) pun bukanlah foto pertama yang diambil NASA. Bahkan di tahun 1966, NASA sudah pernah mengambil foto sejenis melalui misi Gemini IX. Sama dengan beberapa kasus sejenis (termasuk foto rille NASA - yang sempat diklaim bukti bulan pernah terbelah), foto 'jembatan Rama' ini pun dicomot dan digabungkan dengan klaim-klaim berlebihan yang tak punya dasar.

Pranala
Nova Online - Rama's bridge
Scripturient - Debunking the Adam Bridge Sri lanka's Travel - Adam's Bridge

No comments:

Post a Comment