24.12.14

Benarkah Richard Byrd Menemukan Hollow Earth di Kutub utara?



     Konon di bulan Februari tahun 1947, Admiral Richard E Byrd jr dikatakan telah melakukan penerbangan rahasia ke kutub utara, dimana ia menemukan suatu tempat yang hangat dan hijau dan penuh hewan langka yang dikira telah punah termasuk mamut. Byrd dikatakan telah masuk ke perut bumi dan bertemu makhluk penghuni "Hollow Earth" yang lebih maju dari manusia daratan. Byrd kemudian menuliskan pengalaman tersebut dalam catatan harian rahasianya. Benarkah?

     Kisah Byrd ini pertama kali dipublikasikan oleh F. Amadeo Giannini dalam buku The Worlds Beyond the Poles (1957). Masalah utamanya, di bulan dan tahun yang sama, Byrd sedang memimpin Operation Highjump (yang punya publikasi tinggi) di Antartika. Operasi ini berlangsung dari 26 Agustus 1946 sampai akhir Februari 1947, sehingga mustahil baginya untuk berada di kutub utara di waktu tersebut. Kuat dugaan bahwa Giannini mengutip sebagian kisah film Lost Horizon (1937).

     Penerbangan Byrd ke kutub utara pernah terjadi di tahun 1926, dimana ia dan pilot Floyd Bennet diklaim telah mencapai titik kutub utara dengan Fokker F-VII. Klaim ini mengundang kontroversi lain, karena sebagian pihak menduga Byrd tidak pernah benar-benar mencapai titik kutub utara. Berdasar buku harian Byrd, diketahui ada bagian yang dihapus dalam laporan resmi. Nampaknya pembuat kisah hollow earth versi Byrd  mencampuradukkan antara penerbangan di tahun 1926 dengan ekspedisi Highjump di tahun 1947 untuk membuat kisah versi hollow earth.

Pranala
Wikipedia - Richard E. Byrd
Operation Highjump

No comments:

Post a Comment