6.11.14

Benarkan Air Mineral Berbahaya Bagi Kesehatan?


Air Mineral Aqua

     Setelah 22 tahun melakukan penelitian, akhirnya Harvard University menambah temuan betapa bahayanya Air Mineral yang mengandung Flourida yang saat ini juga terdapat dalam Air Mineral seperti Aqua kepunyaan Danone, tidak hanya Aqua saja yang kini sahamnya dibeli Danone juga mengandung Zat Flourida.

     Termuan terkini dari Harvard University bahwa Air Mineral dengan Fluorida juga mengurangi IQ anak-anak. Sebuah pertanyaan besar jika Danone melalui Aqua menanamkan Zat berbahaya ini di minuman anak-anak Indonesia, dalam target apa untuk puluhan tahun mendatang?

     Demikianlah potongan artikel propaganda yang sudah beredar beberapa lama, dan hari ini pun masih sempat dipost salah satu teman di FB. Benarkah klaim ini?

     Pertama, air mineral memang mengandung fluorida. Namun sejatinya fluorida juga merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh. Ada ambang batas aman bagi kandungan fluoride, dimana menurut SNI adalah 1 mg/l (SNI 01-3553-2006), dan WHO menetapkan ambang yang lebih tinggi, yakni 1,5 mg/l. Sementara kandungan fluorida dalam air mineral berkisar 0,5 mg/l, masih jauh di bawah batas aman. Sebagai ilustrasi, bahkan air zam-zam pun mengandung fluorida dengan kadar lebih tinggi (0,75 mg/l), meski juga masih di bawah ambang batas aman.

     Apakah mengkonsumsi air yang mengandung fluorida mempengaruhi kecerdasan? Bisa jadi. Namun itu terjadi pada kasus dimana kandungan fluorida dalam air adalah berkali-kali ambang batas aman, bukan karena mengkonsumsi air mineral yang diolah. Dan ilmuwan Harvard hanya menyatakan bahwa kandungan fluorida yang tinggi bisa jadi berkaitan dengan kecerdasan, dan penelitian itu didapat dari daerah dimana air mengandung kadar fluorida berkali-kali lipat kandungan dari air mineral olahan. Dan kadar fluorida hanya satu dari sekian faktor yang mempengaruhi nilai IQ tersebut.

     Air mineral seperti Aqua dan segala merk air mineral lain pada dasarnya diolah dari air mineral yang berasal dari pegunungan volkanik, karenanya mengandung berbagai mineral alami termasuk fluorida. Intinya, selama kandungan fluorida tidak melebihi batas, maka masih aman untuk dikonsumsi. dalam hal ini, air mineral seperti Aqua yang secara berkala dipantau jelas masih aman untuk dikonsumsi. kasus dimana bahaya fluorida terdeteksi bukan didapat dari kawasan dimana mereka meminum air mineral kemasan, melainkan dimana air yang mereka konsumsi mengandung kadar fluorida tinggi (umumnya penduduk dari sekitar kawasan gunung berapi).

     Nampak bahwa artikel propaganda tentang bahaya air mineral Aqua ini bukan dibuat untuk mengkampanyekan kesehatan, namun lebih merupakan bagian dari kampanye hitam atau kebencian pada Israel. Dimana bagian lebih lanjut dari artikel propaganda ini mengait-ngaitkan soal fluorida ini dengan rencana Zionis untuk mengurangi populasi dunia. Jujur saja, itu jadi terkesan sebagai lelucon, jika menyadari bahwa fluorida adalah kandungan alami dari air mineral, dan produk Israel ataupun bukan akan memiliki kandungan yang mirip (bergantung sumber mata air dimana air mineral itu didapatkan).

     Apakah pasta gigi yang mengandung fluorida berbahaya? Mungkin, jika anda menelannya secara langsung. Secara umum pasta gigi yang mengandung fluorida aman untuk kesehatan (jika tak ditelan). Fluorida adalah zat yang bisa membantu perkembangan gigi dan tulang, dan mengurangi karang gigi. Segala bahaya dari fluorida yang berlebihan itu nyata, tapi sekali lagi, hanya jika kadar fluorida berlebihan. Meminum air mineral atau menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluorida tidak berbahaya. Tentu saja sebagai langkah pencegahan, kita bisa menjaga anak-anak, misal dengan tidak memberi mereka pasta gigi yang mengandung fluorida (agar tidak tertelan oleh mereka).

     Kampanye dan propaganda tentang bahaya fluorida sejatinya sudah berlangsung sejak awal. Di tahun 1950-1960an, fluorida dikampanyekan sebagai cara komunis untuk menurunkan tingkat kesehatan masyarakat. Sejauh ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa air mineral dan pasta gigi berfluorida  menimbulkan dampak buruk. Sama dengan zat lain, ada dampak tersendiri jika kita kelebihan maupun kekurangan fluorida.

Pranala.
IS FLUORIDE DANGEROUS?
Wikipedia - Water fluoridation controversy
10 Fluoride Facts You Should Know
ToxFAQsTM for Fluorides, Hydrogen Fluoride, and Fluorine
Penelitian: Air Zam-zam Kaya akan Mineral

55 comments:

  1. Maaf min, rasanya untuk aqua itu memang berbahaya min.
    Ketika ane test dengan sebuah alat memeriksa kandungan pada air, hasilnya air aqua akan berubah wrna menjadi warna hitam dan ada endapan gitu.
    Sama seperti air keran.
    Bedanya, kalo air keran itu wrna hitamnya berubah jadi kuning, sedangkan wrna hitam tsb lama2 jadi endapan kayak air aqua.
    Serius udah dicoba kok min, n dilihat dr buku panduan alatnya, endapan tsb penyebab penyakit kanker.
    Sedangkan wrna kuning adlh cairan yg bsa menyebabkan diare dsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAKANYA BRAY
      COBA CLEO
      LEBIH BANYAK KANDUNGAN MINERAL
      AQUA GALON PALING BAHAYA
      KARENA SUDAH DI OPLOSIN SAMA AIR KERAN!!!

      Delete
    2. MAKANYA BRAY
      COBA CLEO
      LEBIH BANYAK KANDUNGAN MINERAL
      AQUA GALON PALING BAHAYA
      KARENA SUDAH DI OPLOSIN SAMA AIR KERAN!!!

      Delete
    3. Namanya juga air mineral, jelas ada kandungan mineralnya.
      Air keran juga mengandung mineral seperti fluorida, dan itu jauh di bawah ambang batas aman untuk dikonsumsi.

      Delete
  2. Tanpa kejelasan alat, metode, kandungan zat dll, sulit mengatakan penelitiannya akurat. Belum lagi pengujian harus dilakukan pada beragam sampel berbeda untuk memastikan hasil.

    ReplyDelete
  3. Iya min, ane juga udah mencoba ke air2 yg lain.
    Dri mulai aqua, ades, kw9, vortex, air galon, dll..
    Hasilnya yg terbaik itu air kesehatan, vortex. Dan lagi alat itu hadiah ketika ortu ane pernah berkunjung ke perindustrian..
    Langsung dijelaskan bgaimana cara pemakaiannya, nah dr hasil nanti dilihat d sebuah tabelnya, bgaimana ciri2 reaksi air..
    Smakin lama alat itu dibenamkan d dalam air tsb, semakin terlihat apa kandungannya.
    Mungkin mimin mulai mendapat berita hoax juga nih.. :v
    Muehehe :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu gak cukup.
      Belum ada informasi zat apa yang terkandung dalam Aqua yagn katanya berbahaya dan menyebabkan kanker.
      Belum ada data kandungannya.
      Belum ada data apa air Aqua di tempat yang lain juga memberi hasil yang sama.

      Justru kalau main sambar informasi, itu akan jadi hoax.

      Delete
    2. Untuk pengetesan air dengan menggunakan alat tertentu sudah lama menjadi andalan para sales air RO (Reverse Osmosis) atau sales alat pemurni air untuk mendapatkan TDS (Total Dissolved Solid /Total Padatan Terlarut). Pdhl itu semua bohong besar, karena air RO (TDS 0) akan tetap bening karena tidak ada kandungan mineral dan logam2 lagi sehingga tidak akan ada reaksi yg akan terjadi dengan "pereaksi" dalam alat pengetesan. Apakah mineral dan logam2 tersebut berbahaya??? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Selama kandungan mineral dan logam2 tersebut alami dan berasal dari mata air yg tidak terkontaminasi, justru mineral2 dan zat2 logam tersebut memperkaya air dalam hal nutrisi yg diperlukan tubuh. Contoh plg gampang adalah zat besi sangat diperlukan oleh tubuh sbg carrier oxigen, membantu pembentukan sel darah merah, dll.

      Ngga kebayang deh kalo alat tersebut digunakan untuk test minuman2 isotonik seperti mizone,pocari sweat dll yg notabene adalah minuman yg memiliki kandungan mineral tinggi sebagai pengganti cairan tubuh....warnanya bisa kaya apa yaaaa...

      Penulis adalah Sarjana Teknologi Pangan IPB

      Delete
  4. Yaa, ane juga ga hafal apa nama kandungannya..
    Teman ane ada yg kuliah kimia, dia udah praktikum n dy ngambil air aqua sbg bahan percobaan..
    Waw, hasilnya sama saja..
    Penyebab kanker..
    Udah deh min, jangan2 mimin sendiri yg belum pernah membuktikan, dan hanya mencari bahan dr internet yg isinya cma hoax juga..
    COca cola juga sama kok min..
    Ane udah pernah tes kok..
    Yaa, klo ane yg cma kuliah d t.industri ini cma bsa apa..
    Ga bsa membuktikannya..
    Tapi sahabat2 ane udah membuktikan kok min.
    Bahkan dokter jga udah pernah kami tanyain min.
    Yaa, sebagai masukan aja buat ini blog.
    Lebih baik, mimin tes juga berita tsb.
    Benar ato tidaknya.
    Jangan hanya cari balasan hoax yg ada di internet min.
    Sejarah saja bisa dirubah min klo udah nyampe internet, apalagi cma ilmu kecil kayak gini..
    Muehehe.. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demikian pula pengakuan "saya sudah buktikan, teman saya sudah buktikan" bisa saja dibuat-buat.
      Artikel di atas membahas soal kandungan fluorida pada air mineral yg diklaim berbahaya. Jika kamu menemukan air aqua mengandung zat berbahaya, laporkan ke dinas kesehatan setempat.

      Delete
    2. gue suka jawaban loe.... wkwkwkkwkw

      Delete
  5. Disini ga bisa posting foto ato video kah.?
    Sini biar saya buktikan..
    Loh, percuma juga kan dilaporkan.?
    Banyak produk yg sudah dilaporkan memiliki zat berbahaya utk dikonsumsi, cntohnya okky jelly drink, yang bahkan di kota saya pernah di stop perindustriannya..
    Dan sekarang, hanya masalah waktu okky jelly kembali masuk ke pasar2 dan dijual bebas layaknya tak terjadi apa2,
    Yaa sudah, saya malas berdebat dengan org yg hnya mbenarkan apa yg ia lakukan, tanpa melihat kebenaran dr org lain.
    Lagian, yaa saya memang ga bisa membuktikan via foto n video.
    Jadi mungkin menurut anda saya salah.
    Tapi silahkan saja buktikan sendiri. 😀😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini cuma blog, yang membahas berbagai artikel hoax yang beredar di luar.

      Dan kemungkinan produk makanan atau minuman terkontaminasi atau mengandung zat berbahaya bukan gak ada. Tapi jelas tak bisa sembarang menerima pernyataan satu pihak tanpa disertai bukti yang memadai.

      Aqua adalah air mineral dari mata air di pegunungna, yang mengandung beragam mineral. Jika tak tahu zat apa yang anda sebut berbahaya dan kandungannya, bagimana mau menerima itu berbahaya? Apa bedanya dengan soal 'fluorida', yang terkandung dalma air tapi masih di bawah ambang batas aman?

      Delete
    2. eh min, lu masih ada keturunan yahudi?? ato bagian dari bani israel?? ato disuruh ngendorse sama pihak danone?? terserah deh lu mau bilang aqua sebagus zam2 kek, air dari surga kek, gw gak peduli

      Delete
    3. Keturunan yahudi? Mungkin ada kekerabatan belasan atau puluhan ribu tahun silam? Tapi saat itu, bangsa yahudi bahkan belum ada.

      Lagian apa ini lagi bela yahudi atau bela Danone? Apa perlu ditulis sejarah kalau Aqua aslinya produk orang Indonesia, sampai si pendiri meninggal dan istrinya menjual sahamnya ke pihak Danone?

      Mau Aqua, Danone, zamzam, kalau benar ya dibilang benar, kalau hoax ya dibilang hoax. Mau benci pihak mana itu urusan sendiri, jangan nuduh orang lain semata karena kebencian pribadi.

      Delete
    4. Sedikit tambahan.
      Jika yang dimaksud itu semacam alat elektrolisis, itu bukan alat yang ideal untuk mengukur sehat tidaknya air minum. Namanya air mineral, pasti mengandung sekian mineral yang jika dielektrolisis akan mengendap. Belum lagi kandungan besi dari alat elektrolisisnya.

      Coba saja uji alat itu pada air zamzam, periksa apa ada endapan akibat alat tersebut. Lalu mau mengklaim air zamzam juga tidak sehat?

      Delete
    5. Anonymous3/12/15

      Pihak Aqua jelas2 sudah memberikan tanggapan mengenai ini.

      Kalau yg bilang Aqua bermaslah, ya tinggal laporin ke pihak yg berwenang.

      Sekalian bawa tuh bukti penelitian yg katanya bisa membuktikan aqua berbahaya.

      Jangan malah menyebarkan info di blog apalagi sampai mengaitkan ke Zionist.

      Delete
    6. Justru blog ini menyangkal kabar hoax tersebut.

      Delete
  6. Justru kabarnya air zam-zam kandungan feloudedhdhdhddh nya 075mg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ditulis di artikelnya.
      Kandungan fluoride air zamzam memang di atas air mineral, tapi masih di bawah ambang batas aman untuk dikonsumsi.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. haduh....apa apa kok wahyudi...parno parno

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. di buktikan sendri ae... sambil bermain n belajar heheheh

    ReplyDelete
  11. coba buat percobaan sederhana....
    selama sebulan siram tanaman dengan aqua sepenuhnya....
    nah tanaman lain siram dengan ai sumur biasa kita lihat ae sebulan kemudian apakah ada perbedaannya....

    ReplyDelete
  12. http://dryusufal.blogspot.co.id/2014/08/benarkah-air-minum-berfluoride-adalah.html

    Trus gimana nih,,sedangkan air zamzam aja mengandung flouride lebih tinggi dibandingkan aqua

    aqua mengandung flouride 0,5 mg/l
    sedangkan zamzam mengandung flouride 0,72 mg/l

    SNI membatasi kandungan flouride 1 mg/l
    WHO membatasi kandungan flouride 1,5 mg/l

    ReplyDelete
  13. Intinya ya... selama kandungan tersebut tidak melampaui batas SNI / WHO berarti masih aman dong?

    jadi mau minum aqua 5 liter sehari juga aman... kan kandungannya gag berubah...

    ReplyDelete
  14. ok kalo aqua aman untuk diminum trus gimana kalo ngtesnya dengan alat TDS meter kenapa setiap aqua galon TDSnya berbeda beda bahkan saya pernah tes sampe angka 200 sekian padahal 1 merk loh setau saya mineral yg aman diminum maksimal hanya 81 itu kata aqua sndiri air rumah saya aja cuma 74 ko TDSnya berarti jauh lebih unggul air rumah saya dong di banding aqua hahaha SEBENRNYA YANG SANGAT BAHAYA ITU AQUA UDAH BUANYAK SEKALI PALSUNYA HINGGA SULIT DIBEDAKAN LEBIH BAIK KITA MINUM AIR YG JELAS KITA MINUM SEKALIPUN BERASAL DARI SUMUR RUMAH KITA SENDIRI

    ReplyDelete
    Replies
    1. AFAIK, untuk pengukuran dengan TDS meter, mesti tunggu beberapa menit sampai hasil pengukuran stabil. Llau, hasil pengukurna untuk air mineral rata-rata menang nilainya di atas 100. Karena TDS pada dasarnya mengukur jumlah padatan terlarut, jadi tidak akurat untuk mengukur apakah airnya berbahaya atau tidak. Air mineral pastinya lebih tinggi nilainya dari air minum biasa.

      Delete
  15. sudah sudah jgn berantem..,
    mending minum air yg drebus aj, ,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous3/1/16

      eta pisan (y)
      aer itu makhluk Allah kalo sebelum minum saya minta rido dari Tuhan semesta alam Insyaallah barokah.

      Delete
  16. ya namanya juga air pegunungan. tidak bisa lepas dari fluoride. apalagi air sumur wilayah berpenduduk. jadi sering minum air mineral masih mendingan daripd tidak minum sama sekali seumur hidup..

    ReplyDelete
  17. Anonymous24/4/16

    Coba deh di cek bro air zam zam ada flouridenya gak ya http://www.kelair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Airzamzam/airzamzam.htm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadar fluorida dalam air zamzam itu sekitar 0,72 ppm
      http://faculty.ksu.edu.sa/khounganian/Interns%20Seminar/Zamzam-waterpublicationarticle.pdf

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Siapa bilang gak bahaya ?! Pada tolol lu pada, 97% negara di Europ, Australia & Japan dah melarang semua air minuman kemasan yg ada unsur fluorida dalam ukuran terkecil sekalipun, makanya baca jangan dr org-2 yg pro sm zionis, emang pada goblok lu pada, neh baca, http://www.collective-evolution.com/2014/08/28/no-naturally-occurring-fluoride-is-added-to-drinking-water-see-whats-really-added/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama, artikelnya gak menyatakan fluorida berbahaya bagi kesehatan.
      kedua, collective-evolution itu situs yang reputasinya gak bisa dipegang.

      Delete
  20. Anonymous6/5/16

    Itu mslh flouride hanyapada aqua saja apa termasuk club, vit, cleo dll dan air isi ulang banyu biru?
    Klo mau minum air sumur susah juga disurabaya air pdam ga bisa buat minum krn air kdg coklat, keruh, hitam dan kadang bau logam..mohon infonya..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua air minum dalam kemasan dan air ledeng mengandung fluorida, cuma kadarnya masih jauh di bawah ambang batas aman, jadi layak untuk dikonsumsi.

      Delete
  21. Anonymous11/5/16

    Hidup lo pade kurang piknik. Air aja di debatin. Kalo Mau adu argument/uji lab/ujinyali. versi masing" jadi profesor/doctor aje dulu. Sekolah yang Bener. Lu sapa? Doctor?or profesor? Omngan lu pade di anggap kaga pentingdah. Informasi gak valid.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog ini untuk menyanggah hoax, termasuk hoax soal air mineral. Gak suka? Terserah kamu saja.

      Delete
  22. Anonymous11/5/16

    Ya jika memang perusahaan Israel adalah pemilik AQUA,ya kita sebagai muslim wajib menaruh curiga, karena mereka adalah DAJJAL dan musuh ISLAM...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka curigai BPOM, YLKI dan dinkes, karena mereka mengawasi dan mencek Aqua serta berbagai AMDK lain dan menyatakannya tak berbahaya.

      Delete
  23. hemmmm.... artikel dan diskusi yg sangat bermanfaat.

    saya cukup salut pada admin blog ini, yg disetiap jawabannya penuh dengan kehati"an dan tela'ah tinggi...
    semangat terus, Dukung Kebenaran walaupun Sakit Tak Tertahan ... :)

    ReplyDelete
  24. Li, lithium.. Fe, Iron (zat besi).. F, fluorine (fluor) dll dalam tabel senyawa semuanya ada dalam makanan atau minuman, dan tidak ada yang allah ciptakan tidak bermanfaat. hukum alamnya adalah segala sesuatu yang berlebihan lah yang tidak boleh.
    dosis tepat flourine membantu melindungi kalsium, OVER DOSIS maka menyebabkan pembusukan kalsium, setiap senyawa pun demikian, dosis tepat membantu, over dosis merusak..
    yang tidak saya setuju adalah black campaign, yang harus disajikan adalah fakta yang adil, kalau anda tidak ingin pakai merek tertentu karena faktor politis ya tidak apa apa, hak itu, cuma jangan melakukan penyelewengan data, fakta harus disampaikan dengan baik sehingga konsumen bisa memilih berdasarkan kebutuhan masing" yang ber beda".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan merk yg diserang kabar hoax adalah merk Aqua, maka itu juga yg ditanggapi.

      Delete
    2. Anonymous31/8/16

      2 ltr perhari x 365 hari x 20 tahun = 14600 ltr x 0,5 ppm
      = 7.3 gram
      Sekresi 80% akumulasi 20% (1,46) gram didistribudi di tulang, ginjal, limfa, hati dll. InsyaAllah Aman wkwkwkwkw

      Delete
    3. Kurang dari 2 gram dalam 20 tahun itu bs dibilang amat kecil

      Delete
  25. Peneliti itu harus bisa mebuktikan apa yg sudah anda temukan. Jgn anda hanya bilang sy menemukan A dgn alat B hasilnya C. Tp anda tdk bs menjelaskan apa metodenya, apa alat yg digunakan dan prosedurnya. Mana dukungan jurnal terkait yg bs anda jabarkan, mana teori anda yg bisa anda pertanggungjawabkan. Kalo anda berani berbicara fakta ilmiah, berikan fakta dan buktinya jangan omong kosong. Menurut penelitian teman sy, menurut tmn sy yg sudah praktikum menurut penelliti A. Siapa mereka? Mana jurnal/makalah ilmiahnya yg sah. Anda jgn bikin opini untuk hal seperti ini, cantumkan sumbernya. Jgn gara2 anda punya alat ajaib berarti anda bisa mengatakan air A,B,C bisa menyebabkan kanker. apa buktinya? Anda punya jaminan? Foto dan tabel sja gak cukup buat jd bukti. Apalagi "menurut penelitian teman sya" kalo anda gak bisa upload, kasih kita link dr peneltian anda/teman anda. Krn sebuah penelitian itu pasti punya makalah/jurnall resminya. Kalo gak ya berarti itu teori kosong. Begitu etika ilmiahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katakan itu pada yang menyebarkan kabar hoax.
      Blog ini untuk menyangkal kabar hoax macam itu.

      Delete
    2. Anonymous8/3/17

      Betul juga.
      Saya seorang IRT yg sangat peduli dgn kesehatan klg saya.Apalagi punya 3 anak yg sedang bertumbuh.
      Mata saya jadi terbuka,ketakutan saya terhadap informasi ttg flouride ini membuat saya belajar utk berpikir tenang dlm mencari informasi.Tidak tergesa mengambil keputusan.

      Terima kasih atas pencerahan Admin Blog ini dan Biggy boy serta beberapa teman yg menginput positif.

      Semoga bapak/ibu admin tetap netral ,makin rajin ngulik informasi yg baik yg bisa dibagikan pd masyarakat.
      Tetap sehat dan tetap semangat ya.

      Delete
  26. nyimak...bagus banget diskusinya semoga bisa mencerahkan

    ReplyDelete