5.9.14

Benarkah Ron Wyatt Menemukan Roda Kereta Firaun?




     Di tahun 1978, arkeolog amatir Ron Wyatt menyelam ke Nuweiba, laut merah, dimana ia mengklaim menemukan sisa-sisa dari kereta perang yang ia klaim sebagai sisa dari kereta perang Firaun yang menyeberangi laut merah dalam pengejaran terhadap Musa dan bangsa Israel. Diantaranya adalah apa yang dia klaim sebagai roda kereta yang telah tertutup koral. Ia bahkan membawa roda kereta tersebut ke otoritas di Mesir, yang membenarkan bahwa itu roda kereta yang digunakan Firaun. Benarkah?

     Jika benar Ron Wyatt mengangkat roda kereta itu dan menunjukkannya ke otoritas museum, bagaimana cara Ron Wyatt mengangkat roda kereta - yang jelas amat rapuh itu - tanpa menghancurkannya? Jika ada kemungkinan lain, maka itu adalah bahwa Ron Wyatt membawa foto-foto koral yang ia klaim roda kereta. Dan patut dipertanyakan, mengapa tak ada aksi lebih lanjut dari otoritas Mesir, jika benar lokasi yang dia klaim adalah benar tempat bersejarah dimana kaum Israel melarikan diri dari Mesir ribuan tahun silam. Nyatanya tak ada ekpos media, tak ada acara televisi, tak ada ekspedisi ilmiah lanjutan. Seakan penemuannya tak dianggap, dan bisa jadi demikian, karena hingga hari ini pun dia hanya dianggap pseudoarkeolog.

     Lalu, kita tidak pernah menemukan foto roda kereta tersebut. Yang ditunjukkan pada kita hanyalah formasi koral - yang sekilas mirip roda kereta. Ini amat mungkin tak lebih dari sekedar pareidolia, dan tak pernah ada penelitian ilmiah manapun yang pernah membuktikan bahwa formasi koral itu adalah dari roda kereta. Sedang gambar dimana ditunjukkan foto bentuk roda tak lebih dari foto hasil photoshop, yang dibuat berdasarkan klaim pihak mendukung bahwa itulah bentuk semestinya.

     Bahkan jika benar ada sisa roda kereta dan tulang-belulang, masih harus dibuktikan lagi kalau itu benar berasal dari peristiwa pengejaran terhadap bangsa Israel.

Pranala
WyattMuseum
PaleoBable
TruthorFiction

No comments:

Post a Comment