10.5.14

Peradaban Alien Saat Bumi Berusia 15 Juta Tahun?



     Beredar kabar kalau temuan terbaru menunjukkan kalau kemungkinan ada peradaban yang sempat menghuni bumi 15 juta tahun setelah bumi terbentuk. Teori itu dikemukakan oleh astrofisikawan dari Harvard, Abraham Loeb. Menurutnya, bumi yang saat itu hangat setelah proses Big Bang sangat mungkin dihuni oleh makhluk hidup lain. Salah satu sumber yang memuat kabar ini misalnya Viva News. Benarkah?

     Ini adalah salah satu contoh artikel yang sudah dipelintir media, entah sengaja atau semata karena penulisnya tidak menguasai bahasan. Abraham Loeb sejatinya bicara soal potensi tentang adanya bentuk kehidupan (sederhana) di planet batuan, 15 juta tahun setelah big bang. Tentu saja planet yang dimaksud mustahil bumi, karena saat itu bumi sama sekali belum ada! Bumi baru mulai terbentuk lebih dari 9 milyar tahun setelah big bang!

     Yang dikemukakan Abraham Loeb intinya adalah bahwa air dalam bentuk cair mungkin telah terbentuk di planet batuan, 15 juta tahun setelah big bang. Dan energi untuk menjaga agar air dalam bentuk cairan, tidak membeku, mungkin bisa didapatkan dari CMB (cosmic microwave background) yang dihasilkan big bang, yang menurut dugaannya di masa lalu menjaga alam semesta memiliki suhu kisaran 300 Kelvin (sekitar 26,85 derajat celcius).

     Jadi, Loeb sama sekali tak bicara soal bentuk kehidupan awal di bumi. 'Alien' yang dia bicarakan pun adalah bentuk kehidupan di alam semesta, bukan makhluk asing yang sempat tinggal di bumi.

Pranala
Nature

2 comments:

  1. Judulnya seharusnya saat alam semesta berusia 15jt tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel hoaxnya memang soal kehidupan di bumi 15 juta tahun silam.
      Padahal artikel yang mereka kutip dari Abraham Loeb sebenarnya bicara soal kemuhngkinan adanya kehidupan 15 juta tahun setelah pembentukan alam semesta.

      Delete