21.12.15

Menyangkut Kabar Orang Utan Dihamili Pegawai di KBS




     Situs World News Daily Report merilis berita tentang penjaga kebun binatang yang menghamili seekor orang utan. Berita ini kemudian dikutip oleh sejumlah media nasional. Seberapa benar berita tersebut?

      Jujur saja, awalnya tidak tertarik untuk membahas soal ini. Tapi karena pemberitaannya masih terus tersebar, maka artikel ini dibuat.

     Pertama, World News Daily Report adalah situs spesialis berita satire, dengan kata lain, berita rekayasa yang dibuat sekedar sebagai lelucon. Tentu saja artikel yang ada di media tersebut bukan berita asli. Jadi tidak ada orang utan bernama Maryln (oran utan di KBS bernama Dora), dan tidak ada pegawai bernama Akhiroel Yahya.

     World News Daily Report juga menambahkan keterangan dari 'paleontobiologis' Bachtiar Pado Panghulu, yang mana ini sebenarnya nama seorang mantan walikota Padang yang telah meninggal pada tahun 1986 silam. Sementara foto yang dicatut adalah foto dari Prof. Dr. Truman Simajuntak, seorang arkeolog senior.

     Secara genetika pun, orang utan adalah yang DNAnya paling jauh dari manusia dibanding kera besar lain (simpanse adalah yang terdekat). Dan jika manusia dan simpanse saja tidak bisa kawin silang, apalagi manusia dan ornag utan.

Pranala
World News Daily Report - INDONESIA: ZOO KEEPER ACCUSED OF IMPREGNATING FEMALE ORANGUTAN

4 comments:

  1. Mel Ys22/2/16

    apa tujuan satire itu? untuk menyindir apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih sebagai lelucon.Situsnya saja cuma situs lelucon.

      Delete
    2. Mel Ys22/2/16

      ohh.. gw kira satire kayak Charlie Hebdo. Kalau World Daily News Report itu, lebih tepatnya situs hoax dan fitnah haha. Btw, gw add km di FB, confirm dung ;p

      Delete
  2. Mel Ys26/2/16

    umm... message gw sepertinya masuk ke "message request", approve dung :p

    ReplyDelete